Kunci sukses dalam bisnis online adalah menjadi seorang profesional dan master. Kunci dari profesional adalah mengetahui apa yang anda bicarakan dan mampu menyampaikannya dengan baik.

Namun, ada salah satu faktor kunci yang membuat anda tidak maju dalam berbisnis online adalah tidak mau dan mampu belajar untuk menjadi seorang ahli. Lantas, sebenarnya apa sih kunci untuk bisa menjadi seorang ahli bisnis internet?

Orang dengan satu mata akan menjadi raja apabila yang lainnya buta
Anda harus ingat bahwa selalu ada orang yang lebih hebat, lebih ahli, lebih cerdas, baik dari anda, maka janganlah anda merasa terpuruk dengan keadaan ini. Anda tidak perlu menjadi Joko Susilo untuk membuat ebook, anda tidak perlu menjadi Mario Teguh untuk menjadi motivator dan anda tidak perlu menjadi Fatih Syuhud untuk ngeblog berBahasa Inggris. Yakinlah, bahwa yang anda inginkan adalah menjadi yang “terbaik di lingkungan kecil anda”. Terbaik di bidang anda. Yaitu menjadi expert dalam scoop yang kecil dulu seperti expert dalam forum-forum online, ahli blogspot dan wordpress di antara newbie dll.


Jadikan sederhana dan simple
Berikan yang terbaik untuk pengunjung blog anda dengan mengubah hal yang sulit menjadi lebih sederhana. Anda dapat mengubah artikel teoritis yang menjemukan menjadi sederhana atau bisa juga mengubah diagram yang bertele2 menjadi cerita yang menarik. Anda bisa meng update artikel-artikel bermutu tapi nggak gaul, jadikanlah lebih hidup dan lebih gaul ..

Belajarlah dari mengajar
Tidak ada cara terbaik untuk menjadi seorang master kecuali anda menjadi seperti seorang guru yang mengajar murid2nya. Mulailah dengan menularkan ilmu di lingkungan anda yang sama sekali nggak ngerti dan mereka bahkan tidak tahu bagaimana memulainya. Sebagai contoh: banyak tuh para pemula bahkan tidak tahu bagaimana memulai blog…nah anda bisa mulai dari sana.

Ajarkan yang pernah anda coba dan terbukti berhasil walaupun sudah ada orang lain yang melakukannya.

Di sanalah, anda akan menemukan sisi2 lain yang lebih dalam dan bervariasi dari hal yang sederhana tersebut. Jika konsisten, maka penggemar anda akan semakin bertambah banyak, dan insya Allah akan membawa barokah dan manfaat karena anda menularkan ilmu ke lebih banyak orang.

Sebelum tahu diri anda pada saat itu, maka sebenarnya anda telah menjadi seorang master.

Niatkan untuk membantu
Niat anda untuk menjadi seorang ahli bukanlah untuk sok-sok-an dan pinter sendiri, namun untuk membantu pengunjung dan pembaca anda.
Jika anda melakukan dengan niat, tekad dan kemauan yang tulus dan menjadikan pembaca dan pengunjung anda bagian terpenting dalam blog anda, maka merekapun akan menganggap anda bagian terpentingnya dan anda tidak akan kehilangan mereka.


Zamahsari
Belajar Bisnis Online
Ayo Dukung Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

14 comments

  1. Anonymous // March 7, 2009 at 12:21 PM  

    saya suka dengan point terakhir, 'niatkan untuk membantu", karena semua ini dapat dilakukan oleh seorang newbie sekalipun tanpa perlu menunggu menjadi seorang master...karena ilmu akan mengalir terus tidak akan pernah berhenti...
    Nice post mas...mirip dengan artikel saya juga yaa di...http://agunawanika.com/2009/03/newbie-juga-bisa-sharing-kok

  2. Zamahsari // March 7, 2009 at 12:47 PM  

    yup betuk nih mirip ya, gak sengaja lho mas.. but its ok

  3. Umar Puja Kesuma, S.Pd. // March 8, 2009 at 10:50 PM  

    Poin-poinnya sangat mengena dan pas Mas Zam. Saya suka artikel ini, dan akan belajar mempraktikkannya. Trims ya!

    Bagaimanapun juga, saya sudah kadung kesengsem dengan bisnis ini. Dan satu-satunya yang harus saya lakukan agar bisa berhasil di bisnis ini adalah profesional, sebagaimana yang Mas Zam tulis di paragraf awal.


    Btw, sejak tanggal berapa nih blognya lahir. Diam-diam kok sudah mengembangkan sayap. Wess... jan, Mas Zam ini pancene TOP BGT, hehehe....

    Salam Istimewa!

  4. Zamahsari // March 9, 2009 at 10:29 AM  

    @Umar Puja Kesuma= Sama-sama mas umar.. Sebenarnya udah agak lama juga, tapi baru sempat posting 4 artikel.. pelan-pelan sih..BTW makasih ya telah berkunjung di blogku yang baru..

  5. Anonymous // March 10, 2009 at 3:25 AM  

    pertama kali layar blog ini terbuka, rasanya seperti pernah lihat ya? tapi kok warnanya...
    sempet pangling saya Mas Zams. Yang di blog satunya berwarna biru kan. tapi templatenya sama. itu yang membuat saya ingat.
    Salam ACTION!

  6. Anonymous // March 10, 2009 at 3:30 AM  

    menjadi bermanfaat bagi orang lain itu membuat hidup kita lebih bermakna dan bisa merasakan hakekat hidup ini.

  7. Anonymous // March 10, 2009 at 3:32 AM  

    @ Mas umar: saya sampai sempet pangling Mas lihat blognya Mas Zams. :)

  8. Zamahsari // March 10, 2009 at 10:43 AM  

    @joko susilo= terima kasih pak Joko kasih komen di blog ku yang baru...Betul pak joko.. menjadi bermanfaat bagi orang lain dapat membuat hidup kita lebih berarti dan bermakna.. sukses pak Joko Suliso..

  9. Anonymous // March 11, 2009 at 5:50 PM  

    thanks ilmunya Mas... mungkin ditambah dengan kemauan keras dan semangat akan jadi lebih bagus kali ya Mas...

    http://yudie-unforgetable.blogspot.com

  10. Zamahsari // March 12, 2009 at 9:21 PM  

    @yudie= betul sekali mas.. sip itu

  11. Anonymous // March 18, 2009 at 9:32 AM  

    hhmmm...sangat bermanfaat niiii...

  12. Anonymous // March 24, 2009 at 5:24 AM  

    jadi tambah terus semangat saya mas...

  13. Anonymous // March 25, 2009 at 7:36 AM  

    Adanya referensi motivator sangat menambah motivasi bekerja dan cari duit...heheh

  14. nadi29 // May 2, 2009 at 1:01 PM  

    Jujur deh ni artikel bermanfaat sekali buat saya...

Post a Comment